-->

Mengenal Apa Itu SEO, Best Practice Berdasar Pengalaman

Halo semuanya, ini adalah tulisan saya pertama di blog ini, masih bingun mau menulis tentang apa, terbesit di kepala tentang SEO atau Search Engine Optimization bahas mudahnya bagaimana mengoptimasi tulisa pada blog agar mudah dikenali oleh mensin pencari, dalam hal ini ada google.

Mengenal Apa Itu SEO, Best Practice Berdasar Pengalaman
Di sini saya tidak sedang mengajari tentang SEO karena kalau kita lihat di mbak wiki banyak penjelasanya tentang SEO ini, seperti kutipan di bawah ini :

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saja tentang per-SEO-an, memang sih ada yang berhasil ada juga yang belum berhasil, catat ya belum berhasil bukan berarti tidak berhasil.


SEO di bagi menjadi dua bagian

Sekali lagi berdasarkan pengalaman penulis sendiri, kalau SEO itu paling tidak ada dua bagian yaitu On Page SEO dan Off Page SEO yang nanti akan kita pelajar keduanya, sekali lagi berdasarkan pengalaman saja berikut penjelasan best practice sesuai pengalaman penulis.

1. Pengertian On Page SEO Best Practice

Secara sederhana saja bahwa di sini kita harus melakukan optimasi atau mengoptimal pada konten kita, yang tujuanya adalah agar konten yang kita buat mudah terindex oleh google atau masuk peringkat dan mudah ditemukan oleh pengguna berdasarkan pengalaman yang saya lakukan paling tidak ada 3 hal penting yang harus kita optimasi
  • Judul atau (Title)
  • Description (meta description)
  • Tag (meta tag)
Ke 3 hal tersebut tidak serampangan melakukanya, yang harus kita lakukan di awal sebelum membuat konten adalah melakukan riset kata kunci (keyword research) sesuai dengan topik yang akan kita bahas.

Setelah menemukan kata kunci sebagai perasa yang akan menjadi kata kuci dalam artikel yang kita buat barulah diterapkan ke dalam 3 hal di atas. baik kata kunci yang singkat atau kata kunci yang panjang atau long tail keyword.

Tambahan dari ke 3 hal di atas ada yang tidak kalah penting agar konten kita SEO Friendly yaitu dengan memperhatikan hal berikut :
  • alt text untuk gambar (bila artikel mengandung gambar)
  • internal lin (keterkaitan dengan halamam lain di website kita)
  • site speed (kecepatan akses)
Hal ini tentu harus dilakukan terus menerus atau dilatih sehingga kita akan terbiasa kemudian akan mahir dalam melakukan on page SEO.

Dalam kaitan dengan site speed menurut pengalaman saya ini sangat erat hubunganya dengan template apa yang kita gunakan, sebagai contoh saya menggunakan blogspot maka kita bisa mencari template yang benar-benar SEO Friendly dan ringan untuk aksesnya.

2. Pengertian Off Page SEO Best Practice

Berbeda dengan on page SEO yang sebelumnya telah kita urai bahwa kita melakukan optimasi secara INTERNAL atau yang berhubungan dengan website atau blog yang kita kelola. 

Sedangkan Off Page SEO lebih berfocus pada external hal ini akan meningkatkan "kelas" atau level dari website yang kita kelola bila banyak faktor luarnya, dalam hal ini link building atau yang umum kita pahami yaitu Backlink.

Artinya situs-situs luar memasang link ke website kita itulah yang dimaksud dengan backlink, tentu saja hal ini akan bergantung pada kualitas dari website kita, kalau kita memberikan informasi yang bermanfaat mungkin saja akan menjadi salah satu acuan bagi situs lain.

Kalau pengalam yang kami lakukan antara lain, berbagi atau share ke media social, ada juga yang disebut dengan istal blog roll atau mengunjungi situs-situs kredibel untuk berpartisipasi memberikan komentar misalnya dengan memasukkan link kita ke dalamnya.

Kalau kita sudah melakukanya dan mendapatkan backlink apa lagi dari situs-situs besar, hal ini akan membuat situs kita memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari google untuk menempatkannya di rangking atas.

Kesimpulan & Penutup

Demkian tulisan ini yang membahas tentang apa itu SEO secara best practice, setelah kita mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan, baik itu on page SEO dan off page SEO, kedua nya harus dilakukan secara maksimal sehingga harapanya situs atau web kita akan muncul di rangkin pencarian google.
LihatTutupKomentar